Mengunjungi Objek Wisata Populer Di Kota Samarinda


Samarinda adalah ibukota Provinsi Kalimantan Timur sekaligus salah satu kota terbesar di Pulau Kalimantan. Kota ini menjadi unik karena dibelah oleh Sungai Mahakam yang merupakan sungai terbesar di provinsi ini dengan Jembatan Mahakam sebagai penghubungnya.

Kota ini kini mulai mengembangkan aspek pariwisata dengan mengembangkan sarana dan prasarana yang menunjang seperti perhotelan. Kamu dapat menemukan beragam hotel dengan berbagai kelas di pusat kota Samarinda.

Bahkan dengan era teknologi saat ini, pemesanan bisa dilakukan melalui ponsel pintarmu. Ada beragam aplikasi yang semakin bertambah jumlahnya sehingga memberi kemudahan bagi wisatawan untuk memesan hotel dan tiket pesawat. Misalnya kamu bisa melakukannya dengan booking di Traveloka yang merupakan salah satu penyedia aplikasi online travel agent.

Selesai dengan pemesanan tiket dan hotel, kini kamu bisa baca ulasan beberapa tempat wisata favorit di kota yang dikenal sebagai kota industri, jasa dan perdagangan ini:

  1. Air Terjun Tanah Merah

Bagi kamu yang terbiasa berkunjung ke destinasi wisata air terjun, mungkin agak sedikit heran melihat Air Terjun Tanah Merah ini. Tidak seperti air terjun lainnya, Air Terjun Tanah Merah hanya memiliki ketinggian 15 meter. Air terjun ini berbentuk aliran air yang merayap di bebatuan besar kemudian jatuh mengalir hingga membentuk sebuah kolam.

Kolam yang terbentuk cukup besar dan dalam sehingga cukup berbahaya. Karenanya, air terjun ini hanya bisa dinikmati dari pagar pengaman yang tersedia. Sesuai dengan kontur sungai Kalimantan, kondisi air dari air terjun ini tidak jernih namun berwarna kemerahan tanpa bebatuan.

Walau demikian, suasana sejuk tetap terasa karena rindangnya pepohonan hijau hingga membuat wisatawan betah dan sering kali mengunjungi tempat ini. Objek wisata ini berada di Dusun Purwosari, Desa Tanah Merah, Kecamatan Samarinda Utara yang bisa ditempuh kurang lebih 14 km dari Kota Samarinda.

 

Fasilitas di tempat ini sudah cukup lengkap. Tersedia kamar mandi, bangku taman, gazebo, warung makan dan tempat pemancingan. Bahkan area parkir cukup luas, juga dilengkapi dengan arena bermain anak-anak. Suasana pedesaan yang alami dan udara yang masih asri di sepanjang jalan menuju air terjun menjadi daya tarik tersendiri dari obyek wisata air terjun ini.

air-terjun-tanah-merah

Photoright: travel.detik.com

  1. Pulau Beras Basah

Pulau ini berada di wilayah Bontang, namun banyak dikunjungi oleh wisatawan Samarinda maupun yang menggunakan jalur dari Kota Samarinda dengan jarak tempuh kurang lebih 2 jam. Dari Bontang, perjalanan dilanjutkan dengan menyewa kapal menuju Pulau Beras Basah.

Pulau ini merupakan pulau cantik yang tidak berpenghuni. Sehingga kamu harus menyiapkan perbekalan untuk menjelajah pulau yang mempunyai luas hanya sekitar 1 hektar ini. Penginapan dan makanan bisa kamu dapatkan dari kota terdekat yaitu Bontang.

Di pulau tersebut, kamu akan menemukan mercusuar yang sudah tidak terpakai yang dahulunya merupakan sebuah alat penting sebagai petunjuk bagi kapal-kapal agar tidak menabrak batu karang yang ada di tepian pantai. Selain itu, pengunjung juga bisa menikmati keindahan pulau dengan pasir putih yang bersih dengan pantainya yang landai dan pohon-pohon kelapa yang berjejer membingkai garis pantai.

Dengan ombak yang tidak terlalu besar, banyak wisatawan yang bermain di tepi pantai ataupun snorkeling di sekitarnya. Ikan-ikan kecil lengkap dengan terumbu karang terlihat jelas karena airnya yang jernih.

pulau-beras-basah

Photoright: youtube.com

  1. Kampung Tenun Samarinda

Samarinda memiliki daya tarik tersendiri berupa kain sarungnya yang khas bernama Tajong. Keunikan motif berupa geometris yang menyerupai sarung dan teknik pembuatan dengan menggunakan alat tenun bukan mesin, menjadikan sarung Samarinda ini menjadi kerajinan yang bernilai tinggi.

 

Lamanya proses pembuatan dan rumitnya motif, membuat harga jual tenun Samarinda dibanderol cukup mahal. Selain itu, penggunaan sutra dari Tiongkok menjadikan kain ini makin berkelas dan mewah walaupun dibuat dengan tangan manusia. Motifnya yang khas membedakan kain tenun ini dari kain tenun sejenis yang ada di Indonesia.

kampung-tenun-samarinda

Photoright: kliksamarinda.com

 

Untuk meningkatkan produksi dan menjaga warisan budaya, pemerintah daerah setempat menjadikan Kampung Tenun Samarinda yang berada di Samarinda Seberang sebagai objek wisata budaya yang mendapat pengakuan dari Badan Promosi Pariwisata Daerah. Dengan dukungan ini membuat keberadaan Kampung Tenun Samarinda menjadi lebih dikenal oleh wisatawan.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: