“Satuan Hasil” Dalam Analisa Beban Kerja


Apa itu Satuan Hasil?

Satuan Hasil adalah dalam bentuk apa hasil (output) dari suatu aktivitas/tugas/kegiatan dari suatu jabatan atau unit kerja itu dirumuskan.

Seperti apa bentuknya?

Satuan Hasil dapat berupa: rencana, laporan, orang, pelanggan, unit kerja, instansi, perusahaan, aktivitas, kegiatan, dan lainnya.

Untuk apa Satuan Hasil?

Satuan Hasil perlu dirumuskan dan ditetapkan agar dapat mengarahkan dan memastikan (bentuk) apanya dari suatu aktivitas/tugas/kegiatan itu yang akan kita ukur atau hitung volumenya (jumlah/frekuensi) dan berapa lama waktu (durasi) yang diperlukan untuk menyelesaikannya hingga diperoleh hasil (output) sesuai dengan yang diharapkan.

Contohnya apa?

Jabatan Senior Cashier di Supermarket memiliki tugas salah satunya adalah “Mengawasi penerapan etiket dan sopan santun para Cashier terhadap pelanggan.” Satuan Hasil yang dapat digunakan adalah “Orang/Cashier” atau “Aktivitas/Kegiatan”. 

Keputusan kita menentukan salah satunya akan berpengaruh pada Volume (Jumlah/Frekuensi) dan Lama Waktu Penyelesaian tugas/aktivitas/kegiatan tersebut. Ketika kita menetapkan menggunakan satuan hasil Orang/Cashier, maka berapa jumlah Cashier yang bertugas dalam 1 shift tersebut atau berapa jumlah cashier line yang ada akan menentukan berapa angka yang harus diisi pada kolom Volume (Jumlah/Frekuensi) dan kolom Lama Waktu penyelesaiannya. Misalnya: 10 Orang Cashier atau Cashier Line, dengan Lama Waktu pengawasan per Cashier adalah 5 menit, sehingga total Waktu Penyelesaian menjadi 50 menit. 

Sementara jika kita menetapkan satuan hasil Aktivitas/Kegiatan, maka berapa kali Senior Cashier tersebut dirancang/ditentukan harus mengawasi 10 Cashier yang bertugas dalam 1 shift akan menentukan berapa angka yang harus diisi pada kolom Volume (Frekuensi/Jumlah). Misalnya: 5 kali pengawasan, dengan Lama Waktu selama 10 menit per sekali pengawasan, sehingga total Waktu Penyelesaian tugas tersebut adalah 50 menit.

Sumber: Workshop Workload Analysis by Value Consult.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: