Kuliah di Darwin, Northern Territory


Jika Anda belum pernah berkunjung ke Darwin, Anda akan menemukan kejutan yang menyenangkan bila berada disana. Pada tahun 1975, Darwin dibangun kembali karena kerusakan yang cukup parah akibat angin topan Tracy. Saat ini, Darwin adalah kota yang dinamis, modern, kosmopolitan dan juga tropis.

Di Darwin Anda dapat menemukan jalanan yang lebar dan taman-taman yang rindang. Ditambah lagi dengan sebuah mal yang merupakan surga bagi pejalan kaki, restoran-restoran, pub dan klub yang trendi, juga kehidupan malam di Mitchell Street. Disana juga ada tempat wisata bernama Precinct Wharf dan perumahan kelas atas Cullen Bay. Keberadaan Waters Tipperary dan Bayview Haven seakan menyempurnakan gambaran yang ada.

Diluar pusat kota Darwin, pemandangan disekitar kota itu juga sama-sama menariknya. Wilayah pinggiran sebelah utara menampilkan rumah-rumah tinggi yang sejuk, begitu juga dengan taman-taman yang dipenuhi pohon palem, kamboja, crotons dan spesies tropis lainnya. Demikian juga dengan kota Palmerston, hanya dengan 15 menit berkendara disebelah tenggara kota Darwin, Anda dapat menemui Palmerston yang merupakan salah satu kota yang perkembangannya tercepat di Australia. Kota ini memiliki fitur terbaru dalam desain dan fasilitas perumahan tropis. Lebih jauh ke selatan, Anda akan melihat Shire of Litchfield, yaitu kota di mana warga menikmati kebebasan di tanah yang sangat luas dan kesederhanaan gaya hidup pedesaan.

Darwin adalah kota yang mencerminkan dan juga menghargai banyak budaya. Hal ini tercermin dari banyaknya, festival, pasar dan restoran. Bahkan, kota ini adalah contoh bagaimana orang-orang dari berbagai latar belakang bisa hidup bahagia berdampingan satu sama lain. Disana, terutama Anda akan melihat pengaruh budaya adat dan Asia. Apalagi jika itu berhubungan dengan seni, makanan dan festival.

Pemerintahan Northern Territory menawarkan sistem pendidikan yang mapan dan berkualitas tinggi. Seluruh sekolah negri di Australia sudah terdaftar di Commonwealth Register of Institutions and Courses for Overseas Students (CRICOS). Dan dapat menawarkan tempat untuk siswa internasional. Northern Territory Certificate of Education (NTCE) diberikan kepada siswa pada akhir studi di tahun ke 12 dan diakui sebagai salah satu syarat pendaftaran studi oleh semua perguruan tinggi di Australia.

Semua sekolah menengah dan perguruan tinggi negri di Australia memenuhi standar kualifikasi guru yang tinggi, kurikulum pendidikan termasuk ukuran kelas dan fasilitas sekolah. Persyaratan tersebut ditetapkan oleh Pemerintahan Northern Territory dan Dewan Studi Northern Territory. Guru-guru di Australia diberi kesempatan untuk mengembangkan keterampilan spesialis mereka di bidang yang mereka pilih. Selain itu, sekolah-sekolah dan perguruan tinggi mampu mengembangkan karakter dan pendekatan individual mereka untuk pendidikan. Semua sekolah dan perguruan tinggi menawarkan beragam mata pelajaran untuk memenuhi kebutuhan individual siswanya.

Sekilas Tentang Wilayah Northern Territory

Wilayah Northern Territory di Australia sering dianggap “pedalaman sejati”. Hal ini karena Northern Territory memenuhi semua imajinasi dan apresiasi atas kekayaan sejarah dan budaya di wilayah itu.

Tidak seperti daerah lainnya, wilayah dengan populasi penduduk yang jarang ini (tidak lebih dari 227.000 penduduk saja), masyarakat utamanya tidak tinggal disepanjang pantai menuju ke arah utara, akan tetapi justru di sepanjang Stuart Highway. Darwin, Alice Springs, Katherine, Nhulunbuy, dan Tennant Creek adalah daerah tempat tinggal penduduk yang utama. Northern Territory juga memiliki sejarah yang berbeda lainnya, yaitu wilayah ini tidak menjadi wilayah federal pada tahun 1901, akan tetapi terpisah dari South Australia dan baru dianugerahi federalisme di tahun 1911.

Port Darwin didirikan pada tahun 1869 dan berkembang dari pemukiman pertama yang berhasil hingga menjadi ibukota Wilayah, mempelopori terobosan ke wilayah tersebut. Pertambangan menjadi dasar ekonomi daerah itu, dan pada tahun-tahun berikutnya, mereka secara aktif mendorong sektor pariwisata.

Pilihan Studi

Studi di Northern Territory membawa banyak peluang karir dan program gelar. Mulai dari vocational certificates dan diplomas hingga Associates, Bachelor, Masters, and PhD degrees. Pendidikan berkualitas tinggi dapat diperoleh di hampir setiap bidang pekerjaan, termasuk:

Applied and Pure Sciences: Chemistry, Life Sciences, Environmental Sciences, Human Sciences.
Business and Administrative Studies: Accounting and Finance, Business Management and Administration, Marketing, dan Human Resources.
Computer Sciences: Information Systems and Technology, Programming, Multimedia, dan Network and Security.
Creative Arts and Design: Arts, Fine Arts, Music, Computer Graphics, dan Graphic Design.
Engineering and Technology: Civil Engineering, Electrical Engineering, Mechanical Engineering, dan Health and Safety Engineering.
Health and Medicine: Pharmacology, Nursing, Medicine, dan Health Administration and Management.
Humanities: History, Languages, dan Cultural Studies.
Law: Legal Studies and Criminology, sebagai contoh.
Communications and Social Studies: Sociology, Economics, dan Social Work.
Travel, Tourism, and Hospitality: Hotel Management, Marketing, dan lainnya.
Education: Teaching, mencakup semua umur dan tipe institusi, Education Administration.
Dan masih banyak lagi yang lainnya, termasuk Law Enforcement, Literature, dan Diplomatic Relations.
Hal-hal Penting Tentang Melanjutkan Sekolah di Northern Territory

Bagi siswa internasional yang memilih untuk belajar di Northern Territory, petualangan di pedalaman, festival, pasar, musium, dan galeri di wilayah Darwin seakan-akan menghubungkan masa depan, masa lalu dengan masa sekarang, dan akan menjadi pesta yang menyenangkan juga menghibur.

Pacuan kuda telah digemari masyarakat di Northern Territory sejak 1873. Darwin Turf Club dibentuk pada tahun 1955, dan telah beberapa kali mengalami desain ulang dan pembaruan konstruksi. Saat ini, Darwin Turf Club terletak di Fannie Bay Racecourse yang memiliki luas sekeliling nya sepanjang 1780 meter dan satu-satunya yang memiliki jalur pasir bercampur minyak di tempat jalur rumput tradisional.

Tidak jauh dari pusat bisnis Darwin, terdapat Darwin SkyCity yang merupakan kompleks hiburan 24-jam yang sangat besar. Disana tersedia masakan dari empat restoran, kasino, lima bar, klub malam, konser, dan banyak acara lainnya.

Program wisata dan kapal pesiar menawarkan petualangan selama setengah hari atau seharian penuh, yang dapat diperpanjang atau disesuaikan. Anda dapat juga berkunjung untuk melihat-lihat pemandangan indah yang dapat Anda sesuaikan dengan anggaran Anda. Tur dengan berjalan kali akan memungkinkan Anda untuk mengalami lebih dekat sejarah budaya Aborigin dan dampak kontemporernya. Selama musim kemarau, Anda dapat menikmati indahnya bintang-bintang yang seakan-akan ada di ujung jari Anda. Nikmati pemandangan surgawi unik di belahan bumi selatan itu di Night Sky Adventures. Laut Darwin menawarkan kekayaan laut, habitat air asin juga ekosistem Harbour Darwin dan perairan sekitarnya.

Bagi para pecinta alam yang lebih memilih belajar di Northern Territory, Anda dapat mengunjungi Berry Springs Nature Park yang merupakan suaka flora dan fauna asli daerah tersebut. Taman itu juga menyediakan kolam air yang sejuk dan air terjun yang memungkinkan pengunjung untuk berenang, berjalan-jalan, atau sekedar berkumpul bersama teman.

Bagi Anda yang suka berbelanja, ataupun penggemar seni, Aboriginal Fine Arts Gallery menyajikan seni tradisional dan kerajinan yang memiliki akar sejarah berabad-abad yang lalu. Bicentennial Park terletak di sebuah tebing di atas Darwin Harbour. Di taman tersebut terdapat jalan setapak, area piknik, dan daerah berumput yang luas sehingga memungkinkan Anda untuk rekreasi yang lebih aktif.

Di dalam lingkungan sekolah, keberadaan klub-klub, kelompok-kelompok, dan organisasi sesuai minat menambah semarak kehidupan kampus. Olahraga dalam ruangan dan olah raga tingkat sekolah seakan-akanmenyatukan para atlet dengan akhir pekan, dan juga pemain kasual untuk bersama-sama dalam semangat kebersamaan.
Laboratorium yang modern, pusat mahasiswa yang nyaman dan dinamis, dan perpustakaan yang luas menjadi suplemen studi dan penelitian di Northern Territory.

Akomodasi

Fasilitas tempat tinggal dalam kampus maupun luar kampus keduanya tersedia untuk siswa di Northern Territory.
Mulai dari akomodasi ala back-packers untuk jangka pendek hingga untuk jangka panjang seperti akomodasi hotel, apartemen studio, atau flat. Ada juga fasilitas apartemen dan lapangan dalam kampus serta asrama. Sementara tempat tinggal di dalam kampus mungkin dikenakan biaya tambahan yang ditambahkan pada biaya program pendidikannya. Akan tetapi, umumnya akomodasi di dalam kampus jauh lebih murah daripada tempat tinggal di luar kampus.

Hal-hal Penting Tentang Northern Territory

Northern Territory menawarkan banyak kesempatan untuk bagi Anda untuk mengeksplorasi daerah pedalaman, sungai, dan pegunungan. Sejarah tersaji dengan sendirinya di sepanjang Stuart River dan di desa-desa terpencil Aborigin.

Northern Territory mengalami dua zona iklim yang berbeda. Daerah utara memiliki iklim tropis dengan kelembaban yang tinggi. Sehingga terjadi dua perubahan musim dasar, yaitu: musim hujan terjadi mulai bulan Nopember sampai April dan musim kemarau terjadi mulai bulan Mei hingga Oktober. Saat itulah suhu siang hari rata-rata terendah kurang lebih antara 14 derajat Celcius atau 57 derajat Celcius. Sedangkan peralihan antara musim hujan dengan musim panas di Australia sering membawa hujan lebat dan badai tropis.

Wilayah pusat Northern Territory adalah wilayah yang panas semi-kering. Dan jarak pandang sering kali kurang dari 250 mm atau curah hujan per tahun sebesar 9,8 inci. Rekor suhu tertinggi dan terendah yang pernah terekam adalah 48,3 derajat Celcius (118,9 derajat Fahrenheit) pada tanggal 1 dan 2 Januari 1960, dan -7,5 derajat Celcius (18 derajat Fahrenheit) pada tanggal 12 Juli 1976.

Lebih dari dua puluh taman nasional, baik yang terbuka untuk publik ataupun yang tertutup, seakan memastikan bahwa alam tumbuh dengan subur di Northern Territory. Habitat alami dan pemandangan terpelihara untuk generasi mendatang.

Entah itu apakah Anda menjelajahi daerah perkotaan dan menikmati segudang pilihan hiburan kontemporer atau memilih “berjalan-jalan” di daerah pedalaman, Anda dan semua orang pasti akan menikmati sinar matahari Northern Territory.

Informasi Yang Wajib Anda Ketahui

Persiapan menjalani kuliah di Darwin, Northern Territory yaitu termasuk juga tetap berhubungan dengan teman dan keluarga. Akses internet biasanya tersedia baik di dalam maupun di luar kampus. Banyak institusi pendidikan yang memberikan siswanya alamat email atau bisa langsung mengarahkan siswanya untuk mengakses situs yang menyediakan fasilitas tersebut dengan tanpa biaya atau biaya yang rendah.

Tarif telepon mungkin berbeda sesuai dengan ketersediaan dan negara penerima. Jadi cobalah mempertimbangkan beberapa pilihan penyedia layanan telepon untuk mendapatkan yang sesuai dengan anggaran Anda.

Ketika Anda memilih tinggal di dalam ataupun di luar kampus, terutama ketika sedang memasuki daerah lokal, pastikan Anda selalu meninggalkan paspor asli dan visa di daerah yang aman terlindungi di kampus. Cukup bawa salinan dari masing-masing dokumen tersebut itu saja, dan menyiapkan satu salinan lagi untuk disimpan bersama dengan salinan identifikasi pribadi di penginapan.

Sumber:
http://mje.co.id/study-in-australia/where-to-study/sekolah-di-darwin-australia/

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: