Pesona Indonesia 2012 – Keluarga Nigeria Suka Indonesia


Pesona Indonesia 2012 - Keluarga Nigeria

Diantara penonton dari berbagai negara terdapat satu keluarga asal Nigeria yang sudah sekitar 5 tahun menetap di Darwin turut hadir menyaksikan pagelaran Pesona Indonesia 2012. Pagelaran Pesona Indonesia ini diselenggarakan dalam rangka acara Darwin Festival yang dilaksanakan setiap tahun yang diisi dengan serangkaian acara selama lebih kurang sebulan yang biasanya jatuh di bulan Agustus. Keluarga Nigeria ini datang jauh lebih awal bahkan lebih dulu daripada rombongan penabuh gamelan yang diminta tampil duluan untuk mengiringi kedatangan para penonton dengan alunan musik asal Jawa yang khas Indonesia itu. Mereka memilih duduk dengan menggelar kain lebar tepat di sisi kanan di depan panggung, bahkan lebih dekat ke panggung dibanding deretan kursi untuk para tamu terhormat seperti Chief Minister Northern Territory Paul Henderson, Ketua Partai Oposisi (liberal) NT Terry Mills, Konsul Jenderal RI di Darwin Ade Padmosarwono serta para undangan terhormat lainnya yang bakal duduk di sana. Mereka sekeluarga sudah lama mengenal Indonesia dan menjadi semakin mengenal ketika anak pertama mereka memilih Bahasa Indonesia sebagai pelajaran yang akan dikuasai sekaligus untuk mengenal budaya dari negara tersebut. Dengan fasih dia bisa mengutarakan kata-kata “Apa kabar?”, “Selamat pagi”, “Selamat siang”, “Selamat Sore”, “Selamat malam”, “Sampai jumpa…” dan kata yang paling sering diucapkan adalah “Baguuusss…”. Tampaknya semua kata-kata itu adalah “greetings” yang harus dikuasai setiap siswa yang belajar Bahasa Indonesia. Nah kali ini mereka ingin mengenal lebih jauh mengenai Indonesia melalui lagu-lagu, tarian-tarian, serta bersama orang-orang non-Indonesia lainnya ingin merasakan suasana keragaman Indonesia ditengah-tengah ratusan masyarakat Indonesia yang hadir malam itu di Botanical Garden Darwin. Di akhir bincang-bincang kami, dengan ramah mereka mengijinkan saya untuk berfoto bersama, dan diakhir pertemuan kami tak lupa anaknya yang besar mengatakan “Sampai jumpa…”.

Terima kasih keluarga Nigeria, kalian telah menyukai negeri kami… Kami menjadi terketuk untuk lebih mencitai negeri kami lebih daripada orang-orang dari negeri lain…

Darwin, Agustus 2012

Advertisements

3 Comments

  1. Andreas said,

    August 25, 2012 at 6:48 pm

    Bagus ,saya turut senang,tapi sayang apakah mereka juga melihat penampilan saya,yaitu kelompok musik kolintang masarang dari Jakarta?

    • adilkurnia said,

      August 26, 2012 at 12:54 am

      Terima kasih Pak Andreas… Saya memang tidak menanyakan mereka melihat semua penampilan malam itu, tapi mereka duduk paling depan di dekat panggung jadi kemungkinan besar mereka melintang penampilan kelompok kolintang masarang bapak, hehehe… Salam kenal dan sukses dari saya Pak.

      • adilkurnia said,

        August 26, 2012 at 12:56 am

        Maaf ada tulisan yang salah: bukan “melintang” tapi “melihat/menyaksikan”. Terima kasih.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: