Penyuka Kura-Kura


Kura-kura Galapagos milik kakak temanku yang bermukim di perumahan elit di kawasan Ciawi ini begitu mempesona dan membuatku kagum. Ia begitu tenang, sabar dan gerakannya pun lamban seolah tanpa ambisi. Tetapi ia tampak begitu kuat, kokoh, mandiri, mampu melindungi diri sendiri dan memiliki keyakinan kuat akan kemampuannya dalam mencapai tujuan yang diinginkan.

Entah mengapa tanpa kusadari rupanya selama ini aku tergolong seorang penyuka hewan kura-kura. Beberapa benda yang kupilih sebagai penghias rumahku adalah hewan ini, diantaranya patung kura-kura yang kubeli di toko Mirota Kampus di ujung jalan Malioboro ketika aku berlibur bersama keluarga ke Yogyakarta.

Begitu pula ketika pertama kali aku menghias kantorku, tanpa disadari benda yang kupilih untuk menghiasi etalase ruang tunggunya lagi-lagi benda berbentuk kura-kura, hanya saja kali ini terbuat dari batu alam.

Apakah kesukaan kita pada jenis hewan tertentu merupakan cerminan dari kepribadian kita sendiri. Setelah coba kutelusuri, memang dugaan itu tidak keliru meski tidak juga benar. Secara umum bila dikatakan bahwa aku seorang yang tenang mampu menjaga emosi itu benar; seorang yang lamban tidak dinamis itu juga benar; seorang yang mandiri tidak tergantung orang lain itu pun benar; seorang yang percaya diri akan kemampuan yang dimiliki (bahkan berlebihan, meski belum sampai ‘jaim’) itu memang benar; penampilan sederhana yang tidak menarik perhatian mungkin juga benar begitu.

Meski demikian, ternyata kura-kura juga mampu menunjukkan kualitasnya untuk mendapatkan perhatian mahluk lain. Dengan ‘batok’ atau ‘tempurung’ yang indah, ia bisa bernilai puluhan bahkan ratusan juga seperti halnya kura-kura Galapagos ini.

Bagaimana dengan penyukanya, apakah sudah mampu juga menunjukkan ‘nilai’ yang tinggi…

Darwin, 7 Februari 2012

Advertisements

7 Comments

  1. Evi said,

    February 8, 2012 at 11:14 am

    Saya belum pernah memperhatikan sifat kura-kura secara spesifik Pak Ail. Tapi setuju sangat kura-kura galapagos ini tampak cantik dan gagah perkasa..

  2. nunk said,

    February 9, 2012 at 1:27 pm

    jadi ingat dengan koleksi kura-kura besar yang ada di pulogebang. sepertinya cukup mencerminkan si penyuka kura-kura. Lewat keseharian selama ini. hehehe…. lelet…janji jam sekian malah molor. peace…

    • adilkurnia said,

      February 11, 2012 at 3:48 am

      Oh aku hampir lupa adikku… jadi rupanya sebelum ini di rumah Ibu kita juga pernah memelihara kura-kura! Ya sudah semakin deretan bukti bahwa aku memang penyuka kura-kura dengan ciri-ciri perilaku yang begitu. Thanks adikku, kamu sudah mengingatkan…

  3. herdiana said said,

    June 8, 2012 at 7:17 am

    mhn info nya dimana sy bisa beli kura-kura ini?

    • adilkurnia said,

      June 28, 2012 at 10:34 am

      Wah maaf Mbak Herdiana… saya belum sempat tanyakan ke teman saya – adik pemiliknya. Nanti saya kabari!

  4. Donny said,

    June 24, 2017 at 3:56 am

    Benar ini kura Galapagos? Soalnya hampir mirip aldabra dan di Indonesia yg pelihara cuma aldabra saja yg saya tahu..

    • adilkurnia said,

      June 24, 2017 at 10:25 am

      Menurut teman saya adiknya yang punya bilangnya begitu, persisnya saya kurang tahu. Pak Donny penyuka kura2 juga rupanya… Terima kasih sudah mampir. Salam hangat.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: