Bermain Kecapi di hadapan Lembu



Sumber: idhamlim.bogspot.com

Dui Niu Tan Qin

“Berbicara tanpa melihat kapasitas lawan bicara sehingga lawan bicara tidak mengerti apa yang dibicarakan.”

Alkisah ada seorang seniman yang sangat terkenal bernama Gong Ming Yi. Suatu hari saat berjalan-jalan di pinggiran kota, Gong Ming Yi melihat seekor lembu sedang asyik makan rumput. Gong Ming Yi lalu duduk di dekatnya. Ia ingin memainkan kecapi untuk lembu itu dan ingin mengetahui bagaimana responnya. Mulailah Gong Ming Yi memainkan kecapi dengan penuh konsentrasi dan menggunakan seluruh keahliannya. Namun sebaik dan semerdu apapun alunan musiknya, lembu itu tidak meresponnya sama sekali. Ia agak kecewa karena selama ini kalau ia memainkan musik di hadapan orang-orang, ia selalu mendapat pujian dan respon yang baik.

Kemudian ia mencoba memainkan musik yang terdengar seperti dengungan nyamuk atau seperti lenguhan anak sapi mencari induknya. Seketika itu lembu menengok ke arahnya dan memperhatikan asal suara musik. Akhirnya Gong Ming yi menyadari bahwa lembu tersebut tidak meresponnya bukan karena tidak mendengar atau tidak menghargainya, tetapi karena lembu itu tidak memahaminya.

Hikmah:

Dalam berkomunikasi, bila kedua belah pihak tidak “klop”, maka maksud dan tujuan yang disampaikan tidak akan dapat dipahami, bahkan dapat menimbulkan salah interpretasi. Misalnya, bila kita meminta orang untuk menulis “satu dua tiga empat”, ada yang menginterpretasikan sebagai urutan angka “1, 2, 3, 4”, ada pula yang menginterpretasikannya sebagai “2, 444” (satu “2”, tiga “4”). Oleh sebab itu kita harus bisa mengungkapkan secara jelas maksud dan tujuan kita, bila perlu disertai dengan contoh-contoh. Selain itu, kita juga harus memahami latar belakang pendengar atau lawan bicara kita.

Sumber:

Buku “50 Chinese Wisdom” oleh Leman.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: