Pagi Tiga, Sore Empat



Sumber: bulakamba.wordpress.com

Pagi Tiga, Sore Empat

“Mengkiaskan orang yang ahli menipu, pintar memanipulasi kata-kata tanpa mengubah makna semula”.

Pada periode Negara-negara Berperang (475-221 SM), ada seorang kakek bernama Ju Gong yang tinggal di negara Song. Kakek Ju Gong senang dengan kera (monyet) dan memelihara banyak kera di dekat rumahnya. Setiap hari ia menghabiskan banyak waktu bersama-sama kera peliharaannya. Karena sering bergaul dengan kera, ia dapat berkomunikasi dengan mereka menggunakan cara-cara khusus.

Suatu ketika ia mendapati persediaan makanan kera-keranya sudah menipis. Hal itu membuat Kakek Ju Gong harus memutar otak agar konsumsi pangan kera-kera tersebut bisa dikurangi. Kemudian ia mengumpulkan kera-kera peliharaannya di halaman rumah dan menceritakan kondisi yang sebenarnya. Selanjutnya ia berkata, “Mulai hari ini konsumsi pangan harus dikurangi menjadi tiga pagi, empat sore.”

Mendengan kata ‘tiga’ yang artinya kurang dari jatah sebelumnya, kera-kera itu protes. Karena mereka protes, Kakek Ju Gong berkata lagi, “Bagaimana kalau empat pagi, tiga sore?” Mendengan kata ’empat’ terlebih dahulu disebut, kera-kera itu langsung bersorak riang dan menyetujui usul tersebut. padahal, kedua usul itu pada intinya sama.

Penjelasan:

Penipuan seperti di atas banyak dipakai orang, salah satunya lewat SMS. Ketika menerima SMS yang berbunyi “Anda mendapat hadiah mobil, segera hubungi 021-999999”, orang langsung membayangkan hadiah yang akan didapatnya. Ibarat kera dalam cerita di atas yang mendengar kata ‘hadiah’ langsung menjadi lengah dan otaknya tidak dapat bekerja dengan semestinya, sehingga mudah tertipu. Oleh sebab itu, berhati-hatilah terhadap penipuan dengan gaya “pagi tiga, sore empat”.

Sumber:
Buku “50 Chinese Wisdoms” oleh Leman.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: