“Waktu Perjalanan” dalam Analisis Beban Kerja



Ilustrasi
:

Salah satu tugas berkala saya setiap akhir bulan sebagai Manajer Produksi adalah “mengontrol langsung lokasi dan operasional pabrik” yang jaraknya cukup jauh sehingga membutuhkan waktu sekitar 30 menit untuk dapat mencapai lokasi pabrik. Sebenarnya lama waktu mengontrol lokasi dan pelaksanaan pekerjaan di sana hanya sekitar 60 menit, namun secara keseluruhan waktu yang saya keluarkan untuk melaksanakan tugas ini lebih kurang sekitar 120 menit termasuk perjalanan pulang pergi.

Pertanyaan:

Berapa lama waktu yang seharusnya saya tuliskan pada kuesioner pengukuran analisis beban kerja untuk melaksanakan tugas “mengontrol lokasi dan operasional pabrik” tersebut? Apakah saya tuliskan hanya “30 menit” sesuai dengan lamanya saya mengontrol lokasi pabrik dan mengawasi pelaksanaan tugas disana atau “120 menit” yang berarti lama waktu perjalanan untuk mencapai pabrik dan lama waktu perjalanan kembali ke kantor juga diperhitungkan?

Jawaban:

Tuliskan “120 menit”.
Alasannya adalah karena Anda telah mengkonsumsi waktu selama 120 menit untuk melaksanakan tugas tersebut dari sejak meninggalkan kantor hingga pulang kembali ke kantor. Perjalanan berangkat ke lokasi pabrik, mengontrol lokasi pabrik, dan perjalanan pulang kembali ke kantor merupakan “suatu kesatuan rangkaian tugas yang tak terpisahkan” (cycle work), sehingga harus lama waktu seluruh aktivitas tersebut harus diperhitungkan. Asumsinya lainnya adalah bahwa selama lama waktu tersebut Anda tidak dapat mengerjakan tugas-tugas lainnya dari jabatan Anda sebagai Manajer Produksi. Apabila Anda hanya menuliskan 60 menit maka kecara keseluruhan beban kerja Anda dan Jabatan Anda akan berkurang sebanyak 60 menit, padahal Anda sudah menggunakan waktu tersebut untuk bekerja bukan untuk “santai-santai” atau kepentingan pribadi lainnya (allowance) .

Semoga Anda dapat menghitung beban kerja suatu jabatan secara lebih akurat!

Sukses!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: