Kenapa Perilaku Seseorang Bisa Berubah?


KENAPA PERILAKU SESEORANG BISA BERUBAH?

Seorang anak sebelumnya dikenal sangat nakal oleh para orang tua dibandingkan anak-anak sebayanya ketika ia tinggal pada sekitar awal tahun 70an di suatu flat di kawasan jalan Budi Kemuliaan Jakarta. Namun ketika keluarganya dipindah tugas ke Palembang maka seketika anak tersebut berubah perilakunya menjadi kalem, sensitif namun tumbuh rasa tanggung jawab yang besar. Selidik punya selidik diketahui tidak lama setibanya keluarga mereka di Palembang ternyata ayah dari anak yang memiliki 4 orang adik perempuan tersebut menderita sakit kronis/akut dengan segala komplikasinya sehingga menyebabkan ayah mereka seringkali keluar masuk rumah sakit. Ibunya seringkali menasihati agar ia menjadi anak yang baik dan menjadi panutan bagi adik-adiknya, karena semua tidak tahu sampai kapan ayah mereka bisa bertahan hidup dan sembuh dari sakitnya. Begitu seringnya kata-kata tersebut diucapkan ibunya kepada dirinya, ternyata disadari maupun tidak disadari terbukti kondisi ayah yang sakit dan ucapan-ucapan tersebut mampu merubah perilaku anak tersebut dari seorang yang nakal menjadi anak yang kalem dan bertanggung jawab. Dalam hal ini kondisi keluarga dan pengaruh orangtua sangat berpengaruh terhadap perubahan perilaku seseorang.

Seorang bapak yang sudah berpredikat haji sekitar 4 tahun yang lalu namun dalam 2 tahun terakhir ini banyak mengabaikan ibadah agamanya terlebih untuk bisa sholat Subuh berjamaah di masjid yang sebenarnya jaraknya dekat dengan tempat tinggalnya di kawasan Jakarta Timur. Kesibukannya dengan pekerjaan dari profesinya yang membuat ia harus tidur malam hari bahkan terkadang harus begadang sampai pagi. Kondisi ini yang membuatnya tidak bisa melaksanakan sholat Subuh berjamaah di masjid bahkan juga ia tidak jarang mengabaikan waktu-waktu sholat lainnya. Kepergiannya ke suatu daerah karena tugas dari pekerjaannya ternyata mampu membuat perubahan yang ekstrim pada perilakunya dalam beribadah terutama dalam sholat subuh berjamaah di masjid. Kenapa hal tersebut bisa terjadi? Ternyata perubahan perilaku tersebut banyak dipengaruhi oleh rekan kerjanya selama di tempat tugas tersebut yang sangat taat, tertib dan konsisten dalam menjalankan ibadah sholat yang selalu diusahakannya untuk dilakukan secara berjamaah di masjid yang besar atau yang terdekat. Dalam hal ini pengaruh lingkungan sosial berpengaruh pada perubahan perilaku seseorang.

Demikian beberapa contoh nyata dari perubahan perilaku yang terjadi pada seseorang, semoga bermanfaat bagi orang lain yang menginginkan perubahan serupa.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: