Mengenal LPMAK Kabupaten Mimika Papua


Lembaga Pengembangan Masyarakat Amungme dan Kamoro (LPMAK)

LPMAK adalah sebuah lembaga nirlaba yang berkedudukan di Kabupaten Mimika, bertujuan untuk meningkatkan kualitas hidup dan kesejahteraan sosial-ekonomi masyarakat suku Amungme dan Kamoro, serta 5 kekerabatan suku lainnya (Moni, Dani, Mee/Ekari, Nduga dan Damal) yang bertempat tinggal di wilayah Kabupaten Mimika. Program-program LPMAK berfokus pada pemberdayaan masyarakat yang berlandaskan nilai-nilai keagamaan dan budaya dalam bidang  pendidikan, kesehatan, ekonomi kerakyatan, dan sektor lain yang sesuai.  Dalam mencapai tujuan tersebut, kerjasama melalui kemitraan dengan pemerintah, lembaga adat, lembaga agama, PT Freeport Indonesia (PTFI), dan lembaga lain menjadi bagian yang penting. Sumber utama pendanaan program kerja LPMAK saat ini adalah Dana Kemitraan PTFI yang juga dikenal dengan nama Dana 1 %.

Saat ini LPMAK sudah menjadi lembaga lokal yang diperhitungkan, dibutuhkan masyarakat, dan mempengaruhi kemajuan pembangunan di Kabupaten Mimika.  Banyak prestasi yang diukir oleh LPMAK dan dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.  Program pendidikan dan kesehatan LPMAK merupakan program andalan dengan hasil-hasil nyata, terukur dan menyentuh kebutuhan dasar masyarakat.  Program ekonomi LPMAK telah berhasil mengembangkan kelompok swadaya masyarakat (KSM) dalam jumlah yang nyata.  Beberapa KSM telah berhasil dan menunjukkan tanda-tanda kemandirian dalam pengelolaannya dan keberlangsungan usaha mereka.

Di masa yang akan datang tantangan yang akan dihadapi oleh LPMAK makin berat dan komplek. Tuntutan kepentingan dan harapan Para Pemangku Kepentingan (PPK) atau stakeholders yang tinggi dan beragam kepada LPMAK merupakan semacam mandat yang perlu dipenuhi.  Disamping itu, secara internal LPMAK menghadapi persoalan-persoalan seperti: kemampuan organisasi belum sesuai dengan kebutuhan pelayanan program yang makin meluas, kekurangan kepemimpinan, kemandirian dan profesionalisme dalam pengambilan keputusan terkait untuk kepentingan lembaga, integritas seluruh karyawan dan badan-badan di LPMAK, dan keberlanjutan sumber pendanaan.

Semoga LPMAK dapat menyusun rencana strategi yang tepat dan mampu mengimplementasikannya dengan baik dalam merespon tuntutan dan persoalan yang timbul agar perannya dalam memberdayakan masyarakat Suku Amungme, Suku Kamoro dan lima kekerabatan suku lainnya serta sekaligus mampu menjaga keutuhan NKRI dapat berjalan dengan sukses.

Sumber: RENSTRA LPMAK


Advertisements

2 Comments

  1. edi yudha said,

    March 4, 2011 at 12:43 am

    saya menawarkan jasa media pubikasi melalui video production dan dapat di siarkan di televisi lokal mapun nasional, pengalaman kami adalah pernah bekerja pada stasiun televisi oleh karena itu mengerti proses produksi program acara televisi. di jamin tenaga berpengalaman.

    • adilkurnia said,

      March 6, 2011 at 5:28 am

      Dear Pak Edi,

      Penawaran Pak Edi sudah saya sampaikan kepada mereka.
      Kita tunggu respon dari mereka.

      Thanks


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: