Mengapa Sholat Subuh di Masjid itu Sulit?


MENGAPA SHOLAT SUBUH DI MASJID ITU SULIT DILAKUKAN?

Pak Bram seorang pegawai negeri sipil di Pemda DKI hampir setiap hari sekitar mulai jam 23.00 keluar rumah menuju pos satpam tak jauh dari rumahnya untuk bermain kartu bersama teman-temannya warga lain di lingkungan rumahnya yang sebelumnya saling kontak-kontakkan untuk berkumpul bersama. Memang mereka orang-orang yang dikenal baik dan memiliki rasa sosial yang tinggi, sehingga bermain kartu bagi mereka bukanlah untuk tujuan berjudi tetapi hanya untuk mengisi waktu luang sambil ngobrol ngalor ngidul sekaligus menemani satpam yang bertugas piket jaga malam. Masalahnya adalah mereka bermain kartu terlalu asyik sampai lupa waktu yaitu baru bubar persis sebelum azzan Subuh berkumandang. Mungkin mereka malu bila ditegur oleh Pak Ustadz atau para jamaah sholat Subuh yang melintas di dekat pos satpam tempat mereka bermain kartu. Pak Bram serta teman-teman main kartunya yang langsung pulang ke rumah (bukan mampir ke masjid) seringkali tidak sempat atau sangat berat untuk melakukan sholat Subuh meskipun itu dilakukan di rumahnya, biasanya mereka akan langsung tidur pulas karena kelelahan. Bahkan untuk bekerja pun Pak Bram acapkali terlambat sampai di kantor yaitu sekitar 10, tetapi karena ia pegawai yang sudah senior di kantornya maka hal ini tidak menjadi masalah baginya. Dalam hal ini Pak Bram tidak atau sulit melaksanakan sholat Subuh karena kelelahan sehingga mengantuk dan tertidur.

Hal ini berbeda dengan Pak Ardi yang seringkali tidak/sulit melaksanakan sholat Subuh di masjid karena profesinya yang memaksa ia harus mengerjakan tugas-tugas kantornya pada malam hari karena dituntut segera esok paginya harus sudah selesai dan siap dikirimkan ke kantor klien/pelanggannya. Menjelang azan Subuh ia biasanya baru bisa tidur sehingga sangat sulit untuk bangun ketika mendengar suara azan berkumandang, bahkan ia tidak sanggup mendengar suara azan yang sedemikian nyaringnya terdengar di rumahnya karena saking pulasnya ia tidur. Pak Ardi tidak/sulit sholat Subuh di masjid karena tuntutan profesi yang menghambat kebugarannya untuk mampu bangun guna menunaikan sholat Subuh.

Masih banyak orang-orang yang tidak sholat Subuh di masjid bukan karena kelelahan seperti Pak Bram dan karena tuntutan profesi seperti Pak Ardi, tetapi mereka tidak/sulit sholat Subuh di masjid karena memang tidak mau atau tidak merasa perlu untuk melakukannya.

Bagaimana kiat mengatasinya? Cara yang paling efektif tentunya kita harus menyesuaikan pola tidur kita agar kondisi kita dalam keadaan segar pada saat harus bangun subuh untuk sholat di masjid. Dalam kasus di atas, Pak Bram harus merubah kebiasaannya bermain kartu menjadi tidak terlalu lama misalnya sampai jam 24.00 atau paling lama jam 01.00 agar bisa bersegera untuk tidur cukup supaya bisa bangun subuh dengan cukup segar. Sementara Pak Ardi harus melakukan manajemen waktu dengan baik misalnya harus tidur cukup terlebih dahulu sebelum bekerja malam agar pada saat waktu Subuh tiba kondisi fisiknya masih memadai untuk melakukan sholat Subuh di masjid dan bisa bersegera kembali ke rumah untuk bekerja lagi tanpa harus mengikuti kultum yang biasanya diadakan di masjid.

Secara berseloroh namun terkesan serius, ada rekan ustadz yang menasihati bahwa supaya kita bisa bangun untuk sholat Subuh di masjid kiatnya mudah saja yaitu berniat dengan menyebutkan “Allah humma PAKSAin”… ketika kita kesulitan bangun subuh untuk sholat di masjid. Beberapa rekan bercerita sukses setelah menerapkan kiat sederhana ini… Bagaimana dengan Anda yang senasib dengan Pak Bram dan Pak Ardi di atas? Selamat mencobanya dan sukses!!

Timika, 2 September 2010

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: